Blogger Widget
Terima Kasih Telah Berkunjung Ke PIMR, Kunjungan Anda Adalah Dukungan Anda, PIMR Membuka Pintu Selebar-lebarnya Bagi Siapa Saja Yang Mau Bergabung, Mempunyai Minat, Memiliki Kesamaan Visi & Misi Membangun Daerah Manggarai, Dengan Menaikan Status Blogspot Ini Menjadi Situs Informasi Resmi Bagi Masyarakat Manggarai

Sabtu, 10 Januari 2015

CU Hiro Heling Maju Dengan Kekuatan Penuh (Akhir Pelatihan Dan Pendalaman Si-Kopdit CS)

PIMR-Maumere
Genap seminggu Tim Management didampingi Bapak Ketua Kopdit Hiro Heling mencurahkan seluruh waktu, pikiran dan tenaganya mendalami program sikopdit cs. Hadir dalam seluruh rangkaian kegiatan ini dua orang staf diklat IT dari Puskopdit Swadaya Utama Maumere, Ibu Isa dan Pak Jeri. Kebanyakan tim management Kopdit Hiro heling belum terbiasa bekerja menggunakan program sikopdit cs. Staf tim management lama lebih akrab dengan program sikopdit md. Karena itu upgrading (migrasi) sikodpit md ke sikopdit cs yang dinilai lebih integrated dan sentralized diharapkan bisa membantu mempercepat proses pelayanan dan transaksi keuangan di kopdit Hiro Heling.

Meskipun baru melakukan proses migrasi di tahun 2014 akan tetapi sebenarnya Kopdit Hiro Heling merupakan Kopdit Primer pertama dalam wilayah Puskopdit Swadaya Utama Maumere yang membeli program CS,  3 tahun setelah dilaunching INKOPDIT tahun 2009. Atas pertimbangan kematangan data dan urgentisitas pada tahun 2012 Staf Kopdit Hiro Heling memutuskan untuk tetap menggunakan SiKopdit Md. Meskipun demikian pra staf kopdit Hiro Heling, terutama Bpk. Matheus Liberti selaku Manager perlahan-lahan tetap tekun mempelajari sikopdit cs. Dengan demikian meskipun Hiro Heling baru menggunakan SiKopdit CS pada tahun buku 2015 akan tetapi jauh sebelumnya staf Hiro Heling sudah mempersipakan datanya secara matang. Lebih dari itu diklat program sikopdit cs di awal tahun buku merupakan sebagai salah satu bentuk pembekalan pendidikan dengan satu tujuan agar pelayanan kepada anggota semakin baik dan meningkat setiap tahun.

Apakah kopdit Hiro Heling ketinggalan kereta? Jawabannya adalah tidak! Pada prinsipinya kopdit Hiro Heling mendukung progresivitas dan pemutakhiran program pelayanan  (baca: computer software) yang dikeluarkan INKOPDIT. Akan tetapi Hiro Heling tetap mengedapankan kesiapan dan kematangan data dan penggunaan yang efektif dari program dimaksud. Terbukti dengan keberhasilan proses migrasi data dari sikopdit md ke sikopdit cs tanpa ada kesalahan database. Hal ini diakui oleh ibu Isabela salah seorang staf diklat IT PUSKOPDIT SWATAMA. “Hiro Heling memang kelihatannya pergerakannya perlahan tetapi pasti (slow but sure: red.) Satu langkah yang diambil adalah langkah pasti dan dengan kekuatan penuh.” Apa yang disampaikan Kepala diklat IT puskopdit tadi bukan sekadar pujian isapan jempol akan tetapi lebih merupakan kesaksian dari perkembangan dan pertumbuhan kopdit-kopdit primer terutama yang berada di bawah sayap Puskopdit SWATAMA Maumere. Memang dalam setiap kesempatan Pa Bertyn (sapaan akrab manager Kopdit Hiro Heling-red) menekankan kepada stafnya agar tetap menjaga kepercayaan anggota dan masyarakat umum dengan menampilkan pelayanan yang bukan hanya cepat tapi tepat dan transparant. Dalam simulasi pelayanan anggota baru dengan system sikopdit cs memang terjadi kesalahan kecil yang dilakukan staf. Manager sekaligus penggerak Hiro Heling ini mengingatkan agar pada saat pelatihan seperti ini lebih baik mengerjakan dengan pelan, teliti dan benar ketimbang mengerjakan dengan cepat dan terburu-buru tetapi salah. Bagi bapak manager kesalahan bisa diterima tetapi bukan kesalahan yang dibuat berulang-ulang.

Pada akhir bulan Desember tahun 2014 INKOPDIT menggelar pelatihan Sikopdit OL yang diikuti oleh beberapa utusan Puskopdit dan kopdit primer. Dengan dilaunchingnya program ini artinya kopdit maju selangkah lagi dalam bidang it. Tentu saja hal ini adalah kabar baik bagi setiap kopdit primer. Dengan adanya programa sikopdit online setiap kopdit primer dapat saling link sehinngga pelayanan transaksi keuangan anggota bisa dilakukan diseluruh tempat pelayanan kopdit  yang telah dilengkapi dengan provider yang menghubungkannya dengan server.

Bagi Hiro Heling peluncuran sikopdit ol merupakan tantangan. Penggunaan system online mesti dibarengi dengan pertumbuhan modal dan anggota yang kuat dan signifikan. Meskipun demikian penggunaan sikopdit on bukan tanpa risiko. Karena itu meskipun Hiro Heling masih menggunakan sikopdit cs sedangkan kopdit primer lain sudah menggunakan sikopdit ol tidak menyurutkan semangatnya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada anggota. Pada saatnya sikopdit ol adalah tuntutan tetapi bukan sekarang.

Di akhir diklat, Bapak Ignatius Iking menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim fasilitator dari puskopdit yang bersedia hadir dan menjadi tutor dalam proses diklat kepemimpinan dan pelatihan sikopdti cs. Tak lupa ketua kopdit Hiro Heling ini mengingatkan kepada staf management untuk tidak pernah boleh berhenti belajar supaya Hiro Heling selalu mempunyai tenaga, orang-orang ahli, kapan pun dibutuhkan terlebih saat terjadinya regenerasi kepemimpinan. (gws).
Berita Terkait
Hiro Heling Siap Melangkah Dengan Penuh Kepastian di Tahun 2015 

1 komentar:

Dukung PIMR Memajukan Manggarai Dengan Saran, Kritikan Dan Komentar Anda