Blogger Widget
Terima Kasih Telah Berkunjung Ke PIMR, Kunjungan Anda Adalah Dukungan Anda, PIMR Membuka Pintu Selebar-lebarnya Bagi Siapa Saja Yang Mau Bergabung, Mempunyai Minat, Memiliki Kesamaan Visi & Misi Membangun Daerah Manggarai, Dengan Menaikan Status Blogspot Ini Menjadi Situs Informasi Resmi Bagi Masyarakat Manggarai

Rabu, 17 Juli 2019

Ini Yang Dilakukan Dirjen Dukcapil Saat Bersama Masyarakat Adat Wae Rebo

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu
POS-KUPANG.COM | RUTENG- Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, Prof. DR. Zudan Arif Fahrulloh, S.H, M.H mengunjunjungimasyarakat adat di Kampung Wae Rebo, Desa Satar Lenda, Kecamatan Satar Mese Barat, Manggarai, Jumat (12/7/2019).
Dalam kunjungan itu, Dirjen Dukcapil menyerahkan sejumlah dokumen kependudukan kepada warga masyarakat adat Kampung Wae Rebo.
Penyerahan dokumen kependudukan ini merupakan bagian dari kunjungan lapangan ke Kabupaten Manggarai.
Sejumlah dokumen kependudukan tersebut berupa 25 buah Kartu Keluarga (KK), 25 buah Kartu Tanda Penduduk (KTP), akta kelahiran berjumlah 23 buah dan Kartu Identitas Anak diberikan kepada 20 orang anak.

Selain itu, ada juga penyerahan akta kematian kepada 4 orang anggota keluarga dan akta perkawinan kepada 7 pasangan suami istri.
Dirjen Dukcapil, Prof. Zudan dalam sambutannya di depan masyarakat Adat Wae Rebo menjelaskan, penyerahan dokumen kependudukan kepada masyarakat adat kampung Wae Rebo ini merupakan sebuah isyarat akan kehadiran negara di tengah masyarakat Wae Rebo.
“Sekarang ini semangat pemerintah sudah berubah. Dulu masyarakat yang ke pemerintah namun sekarang pemerintah ke masyarakat untuk melayani adminstrasi kependudukan. Semangatnya adalah pemerintah datang untuk membuat masyarakat kita berbahagia. Mudah- mudahan dengan kehadiran kami ini membuat kehadiran negara ada di kampung ini,” tuturnya.
Prof. Zudan mengaku haru atas penyambutan kepada dirinya bersama dengan 27 orang lainnya.
Ia mengungkapkan, dalam kunjungan tersebut merupakan sesuatu yang sangat membahagiakan karena bisa bertemu dengan masyarakat adat kampung Wae Rebo.
“Kami hadir atas nama negara. Semoga pertemuan ini menjadikan kita sebagai bangsa indonesia lebih akrab, Khusus di kampung wae rebo ini,” paparnya.
Pada kesempatan yang sama Ketua Lembaga Adat, Fransiskus Mudir menjelaskan, kehadiran Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri di Wae Rebo merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi warga masyarakat Kampung Wae Rebo.
“Kebanggaan luar biasa bagi kami karena bisa dikunjungi oleh bapak. Terima kasih kepada bapak karena sudah melayani kami dalam urusan KTP dan dokumen kependudukan Lainnya,” kata Frans.
Dirinya juga menjelaskan, Kampung Wae Rebo ini kehidupan hariannya sebagai petani kopi.
Ada dua kampung utama yaitu kampung Koambo dan Wae Rebo. Anak-anak SD harus ke kampung Kombo untuk menikmati pendidikan tingkat dasar.
Selain dari kebun kopi untuk menopang kehidupan harian mereka, masyarakatnya juga bisa hidup dari pariwisata. Karena itu, lanjutnya, mohon dukungan dari pemerintah untuk terus membantu masyarakat Wae Rebo.
Untuk diketahui, Kartu Identitas Anak yang dibagikan dalam kesempatan tersebut baru pertama kali diluncurkan di Manggarai dan dilaksanakan di Wae Rebo. Setelah penyerahan secara simbolis kepada 20 anak di Wae Rebo, selanjutunya baru mulai cetak bagi anak-anak yang lainnya di Kabupaten Manggarai yang membutuhkannya.
Pemberian KIA ini diberikan kepada anak yang belum memiliki KTP dengan usia 0-17 minus 1 hari. Adapun kriterianya adalah umur 0-5 tahun tanpa pas foto sedangkan untuk anak yang usianya 5 tahun ke atas mesti menggunakan pas foto.
Untuk mendapatkan KIA ini ada satu persyaratan penting lainnya yaitu anak tersebut mesti memiliki Akta Kelahiran.(*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Adiana Ahmad
Artikel ini telah tayang di pos-kupang.com dengan judul Ini Yang Dilakukan Dirjen Dukcapil Saat Bersama Masyarakat Adat Wae Rebo, https://kupang.tribunnews.com/2019/07/14/ini-yang-dilakukan-dirjen-dukcapil-saat-bersama-masyarakat-adat-wae-rebo?page=2.

sumber berita: Pos Kupang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dukung PIMR Memajukan Manggarai Dengan Saran, Kritikan Dan Komentar Anda