Blogger Widget
Terima Kasih Telah Berkunjung Ke PIMR, Kunjungan Anda Adalah Dukungan Anda, PIMR Membuka Pintu Selebar-lebarnya Bagi Siapa Saja Yang Mau Bergabung, Mempunyai Minat, Memiliki Kesamaan Visi & Misi Membangun Daerah Manggarai, Dengan Menaikan Status Blogspot Ini Menjadi Situs Informasi Resmi Bagi Masyarakat Manggarai

Senin, 06 Januari 2020

Teman Tapi Bukan Sahabat


Ada dua orang yang sudah berteman sejak kecil. Yang seorang bernama Pondik dan yang lain bernama Badu. Ketika hari libur tahun baru tiba mereka memutuskan untuk pergi jalan-jalan ke hutan untuk menikmati panorama alam. Ketika mereka sampai di tengah hutan tiba-tiba seekor beruang mendatangi mereka. Mereka menjadi panik dan takut.
gambar: ilustrasi
Secepat kilat Pondik mengambil langkah seribu dan memanjat pohon. Dia memang seorang pemanjat yang telaten. Dia tidak mempedulikan sahabatnya lagi. Badu yang lamban tidak tahu harus berbuat apa. Ia tidak punya kemampuan untuk memanjat pohon apalagi untuk melawan Beruang yang besar. Ia pasrah, merebahkan diri, menahan napas dan menunggu apa yang terjadi.
Beruang itu pun datang  menempelkan hidungnya di sekitar wajah Badu, mengendusnya sambil mengeluarkan suara geraman. Pondik yang telah menyelamatkan diri menutup matanya tidak sanggup menyaksikan apa yang akan terjadi.
Tetapi entah mengapa beruang tidak melakukan apa-apa. Ia pergi dan melanjutkan perjalanannya. *
Sepeninggalan Beruang Badu pun bangun. Bajunya basah karena keringat. Pondik pun segera turun dari pohon dan menghampiri Badu dan bertanya, “Apa yang dibisikkan beruang itu ke telingamu sahabat?"
Badu menjawab, "kau mau tahu? Beruang itu meminta saya untuk jangan pernah bersahabat lagi dengan orang  yang mudah meninggalkan sahabatnya seperti  kau !" Badu pun pergi meninggalkan Pondik.

Pesan Moral dalam cerita: 
Friend in need is friend indeed (teman yang hadir saat dibutuhkan (terlebih saat kesusahan/menderita adalah sahabat sejati)>>> kalau yang hadir hanya saat pesta pora dan gembira bisa jadi teman tapi bukan sahabat.

Beruang lebih suka makan binatang hidup ketimbang makan mayat.
cerita lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dukung PIMR Memajukan Manggarai Dengan Saran, Kritikan Dan Komentar Anda