Blogger Widget
Terima Kasih Telah Berkunjung Ke PIMR, Kunjungan Anda Adalah Dukungan Anda, PIMR Membuka Pintu Selebar-lebarnya Bagi Siapa Saja Yang Mau Bergabung, Mempunyai Minat, Memiliki Kesamaan Visi & Misi Membangun Daerah Manggarai, Dengan Menaikan Status Blogspot Ini Menjadi Situs Informasi Resmi Bagi Masyarakat Manggarai

Kamis, 02 Januari 2014

Donor Darah Menyehatkan

gambar: ilustrasi


PIMR-Ruteng
Dari total data pendonor tahun 2013 yang dihimpun pihak UDD RSU Ruteng kira-kira ada 93.03 % pendonor masuk dalam klasifikasi pendonor Pengganti. Itu artinya orang mau mendonorkan darahnya karena dimotivasi oleh adanya hubungan kekeluargaan atau ikatan lainnya antara pasien atau keluarga dengan calon pendonor. Sedangkan 6.97% sisanya termasuk dalam tipe pendonor sukarela.
Fakta ini menggambarkan masih rendahnya minat masyarakat Maya untuk mendonorkan darahnya secara sukarela. Tentu saja hal ini menjadi PR bagi UDD RSU Ruteng tetapi terlebih Markas PMI Ruteng agar lebih meningkatkan sosialisasi pentingnya mendonorkan darah. Satu tetes darah kita sangat berarti bagi orang yang membutuhkan. Masyarakat kita masih terkurung dalam kesempitan berpikir bahwa donor darah itu membahayakan. Petugas UDD RSU Ruteng menyatakan dari hasil wawancara pendonor pemula umumnya mereka mempunyai kecemasan akan apa yang terjadi selama transfusi berlangsung, sebagian lagi mempunyai fobia terhadap darah dan jarum dan yang paling umum takut akan kehilangan/kehabisan darah. Padalah menurut petugas UDD para pendonor tidak  perlu takut karena dengan penanganan dan prosedur yang tepat segala kecemasan bisa diatasi.
Sebenarnya paling kurang ada 5 efek positif bagi orang yang mendonorkan darahnya.

1. Pendeteksian Penyakit secara Gratis
Setiap kaliborang  ingin mendonorkan darah, prosedur standarnya adalah darahnya akan diperiksa dari berbagai macam penyakit seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sifilis, dan malaria. Bagi yang menerima donor darah, ini adalah informasi penting untuk mengantisipasi penularan penyakit melalui transfusi darah. Sedangkan untuk pendonor, ini semacam alarm agar lebih perhatian terhadap kondisi kesehatannya sendiri.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Kandungan zat besi yang tinggi dalam darah akan membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap penyakit jantung. Zat besi yang berlebihan di dalam darah bisa menyebabkan oksidasi kolesterol. Produk oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri dan ini sama dengan memperbesar peluang terkena serangan jantung dan stroke. Dengan rutin mendonorkan darah maka jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil. Ini artinya menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Meningkatkan produksi sel darah merah
Donor darah juga akan membantu tubuh mengurangi jumlah sel darah merah dalam darah. Oleh karena itu pendonor tak perlu panik dengan berkurangnya sel darah merah, karena sumsum tulang belakang akan segera mengisi ulang sel darah merah yang telah hilang. Hasilnya, akan ada pasokan darah baru setiap kali orang mendonorkan darah. Oleh karena itu, donor darah menjadi langkah yang baik untuk menstimulasi pembentukan sel darah baru.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan
Menjadi pendonor darah adalah salah satu metode diet dan pembakaran kalori yang ampuh. Sebab dengan memberikan sekitar 450 ml darah, akan membantu proses pembakaran kalori kira-kira 650. Itu adalah jumlah kalori yang banyak untuk membuat pinggang kita ramping.

5. Mendapatkan kesehatan psikologis
Sebuah penelitian menemukan, orang usia lanjut yang rutin menjadi pendonor darah akan merasakan tetap berenergi dan bugar. Hal disebabkan karena orang merasakan kepuasan secara psikologis karena merasa dirinya berguna bagi orang lain.

Kelima fakta di atas bisa menjadi motivasi bagi setiap kita untuk mulai sekarang belajar mendonorkan darah kepada siapa saja. Ingat setetes darah kita sangat berarti bagi orang yang sangat membutuhkan. (gws)

 
Berita Terkait
______________
Kami memberi kesempatan kepada siapa saja untuk mengirimkan berita,artikel, foto-foto yang ada hubungannya dengan Manggarai Raya (Maya). Dukungan anda sangat kami hargai. Mari kita bersama tingkatkan kemajuan Maya tercinta. Anda dapat mengirimkan informasi anda  lewat email willyseda72@gmail.com atau ponsel no 081339141853

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dukung PIMR Memajukan Manggarai Dengan Saran, Kritikan Dan Komentar Anda